FEB UI Rumah Untuk Semua: Kisah Perjuangan Dodo

Saya bermimpi, FEB UI, dan juga sekolah-sekolah lain di negeri ini, bisa menjadi rumah, seperti sangkar bagi burung-burung kecil, tempat untuk merumuskan harus terbang kemana dan dimana akan membangun sangkar baru suatu hari nanti. (Zulfikar Akbar Cordova Lulusan S1 IEI FEB UI 2021)

Yudisium Lulusan Program Sarjana FEB UI September 2021 terasa berbeda dari biasanya, kami menampilkan seorang lulusan bukan karena prestasi yang membahana, tetapi lulusan dengan mimpi masa kecil yang sederhana dan percaya bahwa pendidikan adalah jalan terbaik untuk membelokkan garis nasibnya. Ini kisah tentang Zulfikar Akbar Cordova, yang akrab dipanggil Dodo, seorang pengamen jalanan, lulusan paket-C dari Sekolah Master (Masjid Terminal) Depok yang akhirnya memperoleh gelar sarjana dari Program Studi S1 Ilmu Ekonomi Islam FEB UI.

Balairung UI tahun 2015 menjadi saksi bahwa kita pernah menyambut Dodo dengan gegap gempita, tepuk tangan penuh harapan akan kesetaraan dan keadilan akses pendidikan untuk semua. Perjalanan 6 tahun Dodo di FEB UI bukan cerita tetang Buku, Cinta dan Pesta, tetapi perjuangan melawan luka, hambatan, keterasingan, dan keputusasaan. Tetapi, selalu ada tangan-tangan penuh cinta dari teman, dosen, kaprodi, tenaga kependidikan, orang tua asuh, dan alumni yang selalu menjadi alasan dan dorongan kuat bagi Dodo untuk terus bertahan dan bangkit merealisasikan mimpi masa kecil yang hampir mustahil terbeli.

Merawat harapan dan impian Dodo dan jutaan anak-anak Indonesia lainnya, membutuhkan kesempatan setara, kerja bersama dan kepedulian sesama. Sebagai institusi pendidikan, FEB UI berusaha membangun linkungan yang ramah, bersahabat, dan peduli sehingga para mahasiswa mampu mengeksplorasi potensi diri, beradaptasi, berkreasi, dan berinovasi sehingga selalu terdepan dan relevan menghadapi tantangan zaman. Sebagai institusi pendidikan publik, FEB UI berkomitmen untuk menyediakan kesempatan yang setara dan seluas-luasnya akses pendidikan berkualitas bagi kelompok marginal, minoritas dan penyandang difabilitas, karena FEB UI adalah Rumah Untuk Semua.

Salam
Pj. Dekan FEB UI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

E-ticaret seo

- https://saglikagi.net/ - Zero Waste Grocery - diyetisyen